Senin, 07 November 2011

Tahukah Anda? Cahaya Bisa Memerangi Kanker

Para ilmuwan di Amerika Serikat mengatakan cahaya adalah alat yang"menjanjikan" untuk memerangi kanker. Hasil penelitian di Amerikamenunjukkan bagaimana obat bisa dibuat yang menempel pada tumor tetapibaru diaktifkan ketika dihantam oleh gelombang cahaya khusus.

"Ini berarti pengobatan bisa lebih dipusatkan pada sasaran dan tidakmerusak jaringan," lapor wartawan "BBC" bidang kesehatan, JamesGallagher.

Dalam penelitian, para ilmuwan dari National Cancer Institute,Maryland, menggunakan antibodi yang menyerang protein di permukaan selkanker. Mereka kemudian menggabungkan zat kimia, IR700 ke dalamantibodi. IR700 menjadi aktif ketika disinari cahaya mendekatiinframerah.

Gelombang cahaya ini bisa meresap ke dalam kulit sedalam beberapasentimeter. Untuk menguji kombinasi antibodi dan zat kimia, parapeneliti menanam tumor, squamous cell carinoma, ke punggungtikus-tikus. Tikus-tikus kemudian diberi obat dan ditempatkan di dekatcahaya inframerah.

"Volume tumor berkurang drastis...dibandingkan tikus-tikus yangtidak diberi obat dan daya tahan hidup jauh lebih tinggi. Pembunuhanselektif ini mengurangi risiko kerusakan pada sel-sel normal," demikianhasil penelitian.

Para ilmuwan mengatakan kombinasi ini "merupakan agen terapi dan diagnosa yang menjanjikan bagi pengobatan kanker".

Dr Laura McCallum dari Cancer Research UK mengatakan penelitian inimenjanjikan. "Penggunaan antibodi atau terapi photodynamic untuk secarakhusus ditargetkan pada sel-sel kanker telah menunjukkan keberhasilandalam pengobatan beberapa jenis kanker, jadi kombinasi keduanya tentusaja merupakan rencana yang menggembirakan," katanya.

Namun dia mengingatkan penelitian ini dilakukan pada tikus jadimasih terlalu dini untuk mengetahui apakah metode tersebut berlaku bagimanusia.
 
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.