Kamis, 03 November 2011

Tahukah Anda? Makan Junk Food Bisa Perparah Jerawat

Jerawat merupakan kondisi kulit yang umum di kalangan remaja dan orangdewasa. Banyak faktor yang berkontribusi untuk pengembangan jerawat,termasuk kebiasaan orang makan junk food.

Meski belum terbuktisecara ilmiah junk food dapat menyebabkan jerawat, namun makanan yangmengandung tinggi gula ini telah dikaitkan dengan pembentukan jerawat.

Jerawatbiasanya terbentuk di daerah yang mengandung sejumlah besar kelenjarminyak, seperti leher, dada, bahu dan wajah, menurut MayoClinic. Penyebabutama jerawat adalah perubahan hormon. Juga, jerawat dapat terbentukkarena kelebihan produksi sebum (minyak) atau penumpukan bakteri padakulit.

Junk food yang tinggi gula bisa menjadi kontributor kunciuntuk pembentukan jerawat, seperti dilansir Livestrong. Studi yang dilakukan oleh ilmuwan Dartmouth Medical Schooldi Manchester, New Hampshire, menemukan bahwa makanan yang tinggi kadargula dapat memicu kelebihan produksi serum dan insulin, yang mungkinmengganggu hormon dan mengarah pada pembentukan jerawat.

Makanansehat yang banyak mengandung vitamin dan mineral efektif dalam membantudan mengobati jerawat. Gantilah menu diet junk food Anda dengan wortelyang banyak mengandung vitamin A dan membantu mengurangi kelebihanproduksi sebum, daging merah yang kaya seng dan mengontrol aktivitaskelenjar minya, biji-bijian yang mengandung vitamin B dan membantumengurangi stres, yang juga dapat menyebabkan jerawat.

Caratermudah untuk mencegah pembentukan jerawat adalah rajin membersihkankulit wajah. Usahakan menggunakan air hangat saat mencuci muka untukmembuka pori-pori dan membantu air menghilangkan bakteri yang ada.

Hindarimenyentuh wajah dengan tangan yang belum dicuci karena tangan bisamenjadi sarang bakteri dan kuman, yang bisa berpindah ke wajah danmemicu terbentuknya jerawat.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.