Selasa, 10 Januari 2012

6 Ciri - Ciri Pria yang Spermanya Buruk


img
Kualitas sperma hanya bisa dinilai dengan tepat melalui pemeriksaanlaboratorium. Namun beberapa ciri fisik yang mudah diamati, mulai darisuara hingga warna kuku bisa juga dipakai untuk memperkirakan kualitassperma seorang lelaki.

Beberapa ciri fisik tersebut umumnyaberhubungan dengan kondisi hormonal maupun riwayat penyakit yangmempengaruhi produksi sperma. Bukan sekedar mitos, berbagai penelitiantelah membuktikan adanya keterkaitan antara kualitas sperma denganpenyakit dan kondisi hormonal.

Beberapa ciri fisik yangmenandakan bahwa seorang lelaki memiliki kualitas sperma yang burukantara lain sebagai berikut, seperti dikutip dari MensHealth.

1. Suara Berat
Penelitianterbaru yang dilakukan para ahli dari University of Western Australiamenunjukkan bahwa suara laki-laki bisa menunjukkan kualitas spermanya.Laki-laki bersuara berat cenderung spermanya buruk, sebaliknya yangbersuara cempreng spermanya lebih bagus.

Kecenderungan inidipengaruhi oleh produksi hormon seks lelaki, yakni testosteron. Suaraberat menunjukkan produksi testosteron yang berlebihan, yang dalamjumlah tertentu justru menghambat proses pembentukan sel-sel sperma dijaringan testis.

2. Jari Telunjuk Pendek
Riwayathormonal saat berada dalam kandungan mempengaruhi ukuran jari seoranglelaki. Makin banyak terpapar hormon testosteron semasa dalamkandungan, maka ukuran jari telunjuk cenderung lebih pendekdibandingkan dengan ukuran jari manis.

Paparan hormontestosteron yang tinggi semasa dalam kandungan mempengaruhi beberapahal dalam kehidupan seksual seorang laki-laki ketika tumbuh dewasa.Selain meningkatkan risiko kanker prostat, kondisi ini juga menyebabkanproduksi sperma berkurang.

3. Warna Kuku Kemerahan
Dalamkondisi normal, kuku memiliki warna yang rata di semua bagian dantekstur yang halus. Jika warna kuku memiliki bercak kemerahan, bisajadi itu menandakan kondisi penyakit kolagen vaskuler seperti lupusyang akan sangat mempengaruhi produksi sperma.

4. Daun Telinga Berkeriput
Menurutpenelitian di Chicago University, seseorang cenderung lebih rentanmengalami masalah jantung jika memiliki keriput menyilang ataudiagonalpada daun telinganya. Penyakit jantung dan pembuluh darah umumnyamengurangi kualitas sperma yang dihasilkan seorang lelaki.

5. Susah Mengenali Bau
Berkurangnyafungsi indra penciuman hingga 50 persen merupakan salah satu gejalayang sering menyertai penyakit saraf Parkinson. Penelitian di jurnal Annal of Neurology menunjukkan, berbagai fungsi reproduksi laki-laki cendeurng berkurang ketika menderita penyakit ini.

6. Kepala Botak
Kerontokanrambut adalah sesuatu yang tidak terhindarkan bagi sebagian besarlaki-laki di usia paruh baya. Namun dalam kondisi tertentu, kerontokanyang terjadi di semua bagian termasuk alis mata bisa menandakangangguan tiroid yang juga mempengaruhi kualitas sperma.


Sumber : Detikhealth.com


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.