Jumat, 13 Januari 2012

6 Kondisi Tubuh yang Bisa Ganggu Aktivitas Bercinta


img
Banyak masalah medis dan psikologis yang bisa menghalangi seseorangmemiliki kehidupan seks yang berkualitas, misalnya pengobatan dokterhingga depresi. Pada beberapa kasus, masalah tersebut bisa diatasidengan konsultasi bersama dokter pribadi untuk mengubah dosis obat ataupenanganan depresi.

"Bagi sebagian orang yang tidak puas dengankehidupan seks mereka, harus berbicara pada dokter yang merawat mereka.Dokter bisa mendiagnosa masalah yang sebelumnya tak terdeteksi daripemeriksaan sebelumnya, mengubah pengobatan medis atau merekomendasikanperubahan gaya hidup," tutur Pamela G Rockwell, D.O., asisten profesorbagian kesehatan keluarga di University of Michigan Medical School.

Jikasulit mendapatkan kepuasan seks, bisa jadi karena Anda atau suamimengalami satu atau dua dari enam gangguan ini, seperti yang dikutipdari She Knows. Ketahui apa saja dan bicarakan dengan ahli untukmencari solusinya.

1. Pengobatan dengan Resep Dokter
Banyakobat yang menimbulkan efek samping dan memengaruhi kondisi kesehatanseksual. Misalnya obat perawatan tekanan darah, jantung dan depresi.Pil diuretic yang biasa digunakan untuk pengobatan sakit jantung fantekanan darah tinggi misalnya, bisa menyebabkan disfungsi ereksi padasebagian pria. Beberapa obat jantung lain juga berpotensi mengakibatkangangguan ereksi. Bagi pasien yang sedang menjalani pengobatan serupa,bisa meminta dokter untuk menurunkan dosisnya, menambahkan obat lainyang bisa mengatasi efek samping atau mengganti dengan pengobatan lain.

2. Stres
MenurutPamela, stres sering jadi penghalang seseorang menikmati kehidupanseksnya. Ketika kita banyak berhadapan dengan manajemen waktu,pekerjaan dan urusan anak serta rumah, seringkali kita tidak punyabanyak waktu untuk mengurus diri sendiri.

"Akibatnya, libido punmenurun dan kemampuan untuk menerima dan memberi kenikmatan seksberkurang. Orang yang mengalami ketidakpuasan seks banyak yang tidakmenyadari bahwa itu bisa jadi karena mereka stres," jelas Pamela.

3. Tingkat Kepercayaan Diri Rendah
Rasapercaya diri secara signifikan memengaruhi kepuasan seks baik bagi priamaupun wanita. Kepercayaan diri yang rendah seringkali disebabkan tidaknyamannya seseorang terhadap bentuk tubuhnya, sehingga bukannyamenikmati aktivitas seksual tapi justru cemas memikirkan bagaimanapendapat pasangan soal tubuhnya.

"Beberapa studi menunjukkan,wanita yang berhasil mengurangi sedikit bobot tubuhnya, kepuasanseksnya bisa lebih meningkat," ungkap Pamela.

4. Depresi
Depresiyang tidak disembuhan bisa menyebabkan berbagai masalah seks. Orangyang depresi tidak bisa merasakan kenikmatan seks, hasrat seksberkurang dan performa di tempat tidur juga menurun. Salah satu caramengatasinya adalah meminum obat anti-depresan sesuai dosis yangdiresepkan dokter.

5. Kehamilan
Menurutkonsultan seks Wolipop, Dr. Vanda Mustika, saat wanita mengandung, makaterjadi perubahan besar dalam tubuhnya, terutama kondisi hormonal.Perubahan inilah yang membuat wanita yang sedang mengandung mengalamirasa mual bahkan sampai muntah, menjadi lebih sensitif atau seringmenangis, sering marah-marah dan kadang jadi tidak menyukai suami.Begitu besarnya perubahan hormon sampai bisa memengaruhi libido.

Jangansampai menurunnya libido menyebabkan masalah antara Anda dan suami,cobalah minta pengertian suami bahwa libido Anda menurun akibat proseskehamilan, namun Anda sendiri juga perlu mengalah dengan cara sesekalimemberikan kesempatan kepada suami untuk melakukan hubungan seksual.Mungkin frekuensi hubungan seksual dapat dikurangi sesuai kesepakatan.

6. Vaginismus
Vaginismusadalah spasme otot vagina sepertiga bagian luar dan sekitarnya hinggahubungan seksual sukar dilakukan. Wanita yg mengalami vaginismus tetapdapat menikmati aktivitas seksual. Hanya saja aktivitas seks tersebuthanya sebatas ciuman, pelukan atau rangsangan pada bagian tubuh lain.

Vagisnismusbisa disebabkan gangguan selaput dara, termasuk sisa selaput dara yangtertarik ketika berhubungan intim, Herpes Genitalis atau infeksi lainyang menimbulkan luka sekitar vagina.


Sumber : Wolipop.com


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.