Selasa, 10 Januari 2012

7 Jenis Makanan yang Harus Dihindari oleh Penderita Asma


img
Salah satu zat yang diketahui berkaitan erat dengan serangan asmaadalah sulfit. Sensitifitas terhadap sulfit pada umumnya hanya terbataspada penderita asma yang bergantung pada obat steroid.

Makananyang mengandung sulfit dapat memicu serangan asma pada 20 persen orangpenderita asma. Sulfit terdapat dalam makanan sebagai hasil darifermentasi dan ditemukan dalam makanan olahan.

Makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita asma seperti dilansir Healthcentral.com antara lain :

1. Jus Lemon atau Limun Buatan
Meminumlemon atau air jeruk nipis sungguhan jauh lebih bagus. Meskipun sedikitmerepotkan, tetapi rasanya lebih segar dan penderta asma dapat bernapaslebih lega.

2. Bir, Anggur, dan Minuman Fermentasi Lain
Minumansemacam ini akan menyebabkan kesulitan bernapas pada penderita asmasetelah dikonsumsi. Kandungan sulfitnya lah yang menyebabkannya.

3. Buah atau Sayuran Kering
Selainbuah-buahan kering seperti kismis, nanas, aprikot dan cranberry,makanan lain yang harus dihindari adalah ceri maraschino dan guacamole,makanan tradisional Meksiko yang terbuat dari bahan dasar alpukat,ditambah dengan lemon dan garam.
4. Acar
Acar dan paprika sebaiknya dihindari jika sensitif terhadap sulfit.

5. Kentang Kemasan
Makananseperti kentang goreng dan kentang kering juga mengandung sulfit, jadiberhati-hatilah. Menu kentang dapat diganti dengan menu yang lebihsehat dengan kentang manis panggang atau kentang panggang denganditambahi minyak zaitun.

6. Udang
Udangbeku juga mengandung sulfit. Sulfit digunakan sebagai zat tambahanuntuk mencegah munculnya bintik-bintik hitam pada udang. Akan lebihbaik jika mengkonsumsi udang segar. Meskipun mungkin lebih mahal, tapiakan membuat penderita asma merasa lebih baik untuk jangka panjang.

7. Makanan Lain yang Mengandung Sulfit
Makananlain yang mengandung sulfit adalah asparagus, daun bawang, pati jagung,telur, bawang putih, selada, sirup maple, salmon, produk kedelai dantomat.


Sumber : Detikhealth.com


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.