Minggu, 08 Januari 2012

7 Penyebab Anda Sulit Konsentrasi

Setiaporang pasti pernah mengalami situasi di mana sulit untukberkonsentrasi. Kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja tanpamemandang status usia.
 
Untukmengetahui apa saja pemicunya, berikut ini adalah 7 (tujuh) alasankenapa pikiran Anda mudah mengambang yang disertai anjuran para ahli:

1.  Kadar Hormon Rendah
Pikiranmudah buyar adalah sinyal bahwa Anda mungkin kekurangan vitamin atauhormon, terutama jika dibarengi dengan rasa lelah luar biasa. "Jika adakekurangan pada hormon tiroid, metabolisme jadi melambat sehinggamengurangi aliran darah dan fungsi sel di berbagai bagian otak," kataDr Orford, Staf Ahli dari Mayo Clinic, Preventive Medicine Division, diScottsdale.

Lakukan ini: Buatlah janji dengan dokter Andauntuk sekadar berkonsultasi. Setelah itu, buat daftar setiap kali adaperubahan gangguan kesehatan untuk membantu mendeteksi sumber masalahterkait gangguan konsentrasi.

"Anda juga dapat melakukanpemeriksaan medis lebih komprehensif, termasuk tes darah," kata DrOrford. Di samping itu, Anda juga dapat meminta dokter untuk mengujifaktor risiko kardiovaskular, seperti hipertensi, kolesterol, sindrommetabolik atau pradiabetes. Pasalnya, jika tidak segera diobati, dapatmenyebabkan penurunan kognitif.

2. Hormon Sudah Rusak

Sulituntuk berkonsentrasi adalah keluhan paling umum dari perempuan yangmengalami perimenopause, kata Kimberly Pearson, MD, seorang psikiaterdi Massachusetts General Hospital Center, Women Mental Health.

Lakukan ini: Jika tanda-tanda lain menunjuk ke perimenopause (hot flashes, berkeringat di malam hari, kekeringan vagina), untuk jangka pendek pertimbangkan untuk menjalani terapi hormon pengganti.

"Kebanyakan perempuan yang sudah melakukannya merasa seperti mendapatkan kembali ingatannya," katanya.

3. Pengaruh Obat

Beberapa obat-obatan tertentu seperti anti-depresan dapat memengaruhi suasana hati (mood)dan konsentrasi ketika Anda memutuskan untuk berhenti mengonsumsinya.Antihistamin, misalnya, obat penenang ini dapat memicu rasa kantuk yangcukup lama.

Coba ini: Catat semua obat-obatan yang Andakonsumsi dan tanyakan kepada dokter Anda, apakah ada dari obat-obatantersebut yang dapat menyebabkan gangguan konsentrasi.

4. Rokok
Selainmerusak kesehatan secara umum, efek rokok juga dapat memengaruhi dayakonsentrasi Anda. Semakin banyak dan lebih lama Anda merokok, materiabu-abu pada otak lebih cepat hilang. Bahkan, ketika mencoba berhentimerokok, Anda akan mengalami kesulitan berkonsentrasi, kata ChristopherKahler, PhD, dari Brown University.

"Ini adalah keluhan umumpara perokok. Tetapi, Anda akan lebih mendapatkan lebih banyakkeuntungan secara psikologis jika berhenti merokok," katanya.

Lakukanini: Semakin senang perasaan Anda ketika mencoba untuk berhenti, makasemakin besar kemungkinan Anda untuk berhasil, kata Kahler. Intinyaadalah bagaimana Anda bisa untuk meningkatkan suasana hati (mood).

5. Makan Tidak Sehat
Apayang Anda makan berdampak besar pada kejernihan mental, kata LauraMiddleton, PhD, asisten profesor kinesiologi di University of Waterloodi Ontario. Kebiasaan makan yang buruk meningkatkan risiko penyakit,seperti obesitas, hipertensi, kolesterol tinggi, dan penyakit lainnyayang dapat mengganggu fungsi kognitif dan memicu obesitas—membuat lebihsulit untuk tetap aktif, yang penting untuk kesehatan otak.

Lakukanini: "Jika itu baik bagi jantung dan sistem kardiovaskular, maka itubaik pula bagi otak," ungkap Middleton, yang menyarankan untukberpegang pada prinsip-prinsip Diet Mediterania (diet tinggi ikan,sayuran, dan rendah makanan lemak jenuh dan diproses).

6. Sibuk

Pekerjaanyang menetap sepanjang hari di balik meja atau di belakang kemudi mobiljangan dianggap baik. Pekerjaan yang cenderung menetap dan tidakmelibatkan aktivitas fisik dapat memengaruhi pikiran Anda. Agar pikirantetap tajam, Anda harus tetap bergerak. Olahraga dapat meningkatkanproduksi zat yang memperlambat pembentukan plak pemicu penyakitAlzheimer.

"Butuhkan waktu beberapa minggu untuk dapatmerasakan manfaatnya. Tetapi, setelah itu Anda akan mengalami perubahanpositif dengan cepat," kata Middleton.

Lakukan ini: Lakukanaktivitas kardiovaskular selama 30 menit dengan periode 3-5 kali dalamseminggu. "Jika Anda dapat melakukannya selama satu jam, itu bagus,"kata Middleton, yang juga mengimbau untuk menyertakan latihan beban.Middleton dan rekan menemukan bukti bahwa dengan menjadi aktifsepanjang hari dapat membantu menjaga pikiran tetap tajam.

7. Cemas Berlebihan
Perasaancemas yang berlebihan bisa menjadi penyebab Anda sulit berkonsentrasi.Sebab, dengan suasana hati yang gelisah, seseorang biasanya menjadihiper-waspada dengan lingkungan sekitarnya.

Lakukan ini: JikaAnda tidak bisa berkonsentrasi karena terlalu khawatir, berhentimelakukan pekerjaan dan lakukan sesuatu yang menyenangkan untukmenghapus ketegangan di kepala Anda, kata Susan Nolen-Hoeksema, PhD,profesor departemen psikologi di Yale. Cobalah untuk pergi jalan-jalan,mencoba resep baru, atau bermain dengan teman.
 

 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.