Jumat, 13 Januari 2012

Astaga! Wanita Paling Mudah Tertular Penyakit Kelamin Saat Subur


img
Infeksi kelamin bisa menular kapan saja, jika hubungan seks dilakukandengan tidak aman misalnya berganti-ganti pasangan tanpa memakaikondom. Namun pada perempuan, risikonya meningkat saat masa subur yakni14 hari sebelum menstruasi.

Diduga hal ini dipengaruhi olehsiklus hormonal yang terjadi di dalam tubuh seorang perempuan, dalamkaitannya dengan fungsi reproduksi. Pada masa subir, kondisi hormonalsedikit melemahkan sistem imun agar tubuh tidak menolak benda asingtermasuk sperma.

Melemahnya sistem kekebalan tubuh yang terjadipada masa subur tidak hanya memberi jalan bagi sperma untuk masih,tetapi juga bagi kuman-kuman penyebab infeksi kelamin. Salah satunyajamur Candida albicans penyebab keputihan dan gatal-gatal di sekitar kemaluan.

"Kondisi ini menjelaskan mengapa pada masa subur perempuan lebih rentan tertular infeksi kelamin seperti HIV (Human Imunnodeficiency Virus) dan HPV (Human Papiloma Virus)," kata Miguel Relloso, PhD dari Hospital Gregorio Maranon seperti dikutip dari Indiavision.

Melemahnyasistem kekebalan tubuh pada perempuan itu menurut Dr Relloso disebabkanoleh peningkatan hormon seks estradiol. Hormon ini meningkat pada masasubur, untuk memeri peluang terjadinya pembuahan sel telur oleh sel-selsperma yang masuk.

Untuk membuktikan efek estradiol terhadaprisiko penularan infeksi jamur maupun kuman lainnya, Dr Rellosomelakukan eksperimen dengan beberapa ekor tikus. Sebagian disuntikestradiol dan diberi jamur Candida albicans, sebagian lagi hanya diberi jamur tanpa estradiol.

Hasilpengamatan menujukkan, perbandingan jumlah tikus yang terinfeksi jamurlebih tinggi pada kelompok yang disuntik estradiol. Dari kelompok tikusyang tidak mendapat estradiol juga ada beberapa yang tertular namuntidak sebanyak kelompok yang mendapat estradiol.


Sumber : Detikhealth.com


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.