Jumat, 13 Januari 2012

Benarkah Seks Setara Olahraga?

Banyak mitos yang menyebutkan bahwa hubungan seksual membakar cukupbanyak kalori sehingga setara dengan kegiatan olahraga. Malah ada yangmenyebutkan berhubungan seks tiga kali dalam seminggu sama sepertiberlari selama 48 menit seminggu.

Memang benar saat gairahmeluap dan terjadi pengerahan energi fisik, hormon adrenalin akanmeningkat, demikian juga detak jantung dan tekanan darah.

Kendatibegitu, sebenarnya seks tidak dapat digolongkan dalam aktivitas fisikseperti olahraga. Apalagi detak jantung rata-rata saat berhubungan sekshanya 130 per menit dan tekanan darah sistolik masih dibawah 170. Itubila hubungan seks dilakukan dengan pasangan yang sah.

Parapeneliti lalu membandingkan antara hubungan intim di rumah denganseseorang yang melakukan olahraga treadmil. Dalam skala 1-5, dengan 5merupakan level intensitas paling tinggi, ternyata hubungan seks hanyaberada di level 2,7 sementara olahraga di treadmil berada di skala 4,7.

Rata-rata, pasangan berusia pertengahan berintim-intim dua kalidalam seminggu, dan setiap episodenya berlangsung 15 menit. Jumlahkalori yang dikeluarkan sekitar 50-80 kalori, tergantung intensitasseks yang dilakukan.

Aktivitas fisik yang setara denganpembakaran 50 kalori antara lain naik turun tangga selama 3 menit ataubermain tenis selama 6 menit. 

Jadi, masihkah menganggap seks sebagaiolahraga?


Sumber : Kompas.com


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.