Selasa, 10 Januari 2012

Mengapa Jatuh Cinta Bikin Orang Tidak Nafsu Makan?

Saatjatuh cinta maka berbagai perasaan bercampur jadi satu sehingga dikenaldengan istilah berjuta rasanya. Salah satu hal yang dirasakan orangsaat jatuh cinta adalah tidak nafsu makan, kenapa begitu?

Ketikasedang merasakan jatuh cita, seseorang akan mengalami perubahan kondisihormonal yang membuat suasana hatinya bergejolak tidak karuan. Tidakhanya dari fluktuasi suasana hati, perubahan hormonal ini juga bisadiamati dari kondisi fisik.

Parailmuwan mengungkapkan bahwa pusat kesenangan di otak akan menyalaketika seseorang sedang jatuh cinta sehingga membuat orang sepertimabuk kepayang dan memiliki kegembiraan.

Ahlisaraf menjelaskan orang yang tengah dimabuk asmara ini akanmengaktifkan bagian otak yang memicu terjadinya pelepasan hormondopamin, feromon, norepinefrin atau adrenalin dan juga serotonin.

Zatkimia yang dilepaskan oleh tubuh akan akan membuat seseorang merasasangat gembira, denyut jantung meningkat, sulit tidur dan yang pastitidak nafsu makan, seperti dikutip dari MedIndia.

Selainitu ketika sedang jatuh cinta maka seseorang akan memikirkan orang lainyang dicintainya sehingga membuat seseorang terasa sulit menelanmakanan yang membuatnya jadi tidak nafsu makan.

Meskibegitu orang yang jatuh cinta tidak kekurangan energi meski ia tidaknafsu makan karena tubuh berada dalam taraf energi yang tinggi akibatpelepasan dopamin dan zat kimia lain. Tingkat energi yang tinggi inijuga membuat orang jadi sulit tidur dan selalu memikirkan orang yangdicintainya.

Reaksi-reaksiyang terjadi di tubuh ketika sedang jatuh cinta ini bisa mempengaruhisuasana hati menjadi lebih baik, membuat tubuh lebih waspada sertamemudahkan terjalinnya kedekatan emosi dengan orang lain.

Sementaraitu efek lain yang muncul di tubuh ketika seseorang sedang jatuh cintaadalah adanya perasaan tergila-gila, mabuk kepayang, kreatif dangembira yang memberi efek positif.

Tapiefek positif ini akan menjadi tidak sehat dan berbahaya ketika jatuhcinta berubah menjadi obsesi atau sangat ketergantungan dengan perasaansehingga timbul rasa tidak bisa hidup tanpa seseorang.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.