Selasa, 10 Januari 2012

Obat Katarak Pertama di Dunia Telah Ditemukan


img
Katarak merupakan penyakit mata yang dicirikan dengan lensa mata yangkeruh dan berkabut. Lensa mata normal berwarna transparan dan berisibanyak air sehingga cahaya dapat menembus dengan mudah. Lensa yangtidak keruh tidak dapat meneruskan cahaya ke retina untuk diproses olehsaraf penglihatan menuju otak.

Sampai saat ini, tidak ada obatyang dapat mencegah atau menyembuhkan katarak. Satu-satunya pengobatanadalah membedah lensa yang keruh dan diganti dengan lensa sintetis.

Katarakadalah penyebab utama kebutaan di dunia dengan lebih dari setengahkorbannya berusia 65 tahun ke atas. Katarak pada anak-anak sangatjarang dijumpai, kemungkinannya adalah sekitar 3 kasus dibanding 10.000anak.

Namun sekarang, para ilmuwan dari Universitas Adelaide diAustralia untuk pertama kalinya menemukan pengobatan revolusioner yangbisa mencegah kekeruhan lensa mata secara bertahap. Pengujian senyawabaru yang dikolaborasi dengan perusahaan obat Calpain Therapeutics initelah terbukti secara signifikan memperlambat perkembangan katarak.

"Denganmenggunakan obat ini sejak dini, perkembangan katarak bisa diperlambatsehingga penyakit ini tidak akan benar-benar berkembang lebih parah,"ujar Profesor Andrew Abell, ketua penemu obat yang telah mengerjakanproyek ini selama sepuluh tahun.

Saat ini, prosedur operasiuntuk menghilangkan katarak berlangsung selama 30-45 menit. Denganmenggunakan kacamata, sekitar 95 persen pasien yang telah dioperasimelaporkan penglihatan yang normal dengan segera.

"Obat kamidapat berupa obat tetes atau krim yang digunakan ke mata setiap malammenjelang tidur. Melalui pemeriksaan mata rutin, dokter mata dapatmengetahui tahap awal pembentukan katarak sebelum orang tersebut tahumereka memiliki katarak. Setelah terdeteksi, pasien bisa mulaimenggunakan obat kami untuk memperlambat perkembangan katarak," kata DrTim Lovell, CEO Calpain Therapeutics

"Kami tahu bahwa jikaseseorang memiliki katarak pada salah satu mata, kemungkinan besar matayang satunya juga akan terkena. Menunda timbulnya katarak pada salahsatu mata telah didiagnosa dapat memperlambat pertumbuhan katarak untuksementara," imbu Dr Lovell.

Seperti dirilis DailyMail, obat ini akan dinobatkan sebagai salah satu darilima finalis kompetisi rencana bisnis The University of QueenslandBusiness School's Enterpri.


Sumber : Detikhealth.com


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.