Rabu, 11 Januari 2012

Tahukah Anda? Ternyata Rokok Bikin Jerawat Tumbuh Makin Subur


img
Setiap dokter menyarankan pasiennya untuk berhenti merokok karenabanyak merugikan kesehatan, terutama kanker dan penyakitkardiovaskular. Tak hanya penyakit yang mengancam nyawa, merokok jugadapat menyebabkan jerawat tumbuh makin subur.

Peneliti di SanGallicano Dermatological Institute di Roma melakukan penelitian pada1.000 perempuan berusia 25 sampai 50 tahun untuk menentukan apakahmerokok memainkan peran dalam perkembangan jerawat.

Hasil temuanmenunjukkan bahwa 42 persen dari perokok memiliki jerawat, sementara dikalangan non-perokok hanya 10 persen saja. Studi ini juga menunjukkanbahwa tiga perempat dari partisipan perempuan yang merokok memilikijerawat, seperti dilansir Livestrong.

Meskidemikian jumlah rokok yang dihisap tidak berpengaruh terhadap tingkatkeparahan jerawat. Tapi jika seorang perempuan pernah merokok di masaremajanya, kelompok ini memiliki kemungkinan empat kali lebih tinggiterkena jerawat saat dewasa.

Berdasarkan studi tersebut, merokokdapat berkontribusi dalam menyebabkan jerawat non-inflamasi, termasukkomedo besar dan tersumbatnya pori-pori. Jerawat non-inflamasi biasanyaterjadi ketika folikel rambut yang terbuka di permukaan kulit terblokiroleh bakteri.

Merokok diketahui juga menyempitkan pembuluh darahdan merusak permukaan tubuh yaitu sel-sel di kulit yang merupakanpertahanan baris pertama dari perlindungan tubuh. Kondisi ini juga bisamemicu penyumbatan dari pori-pori kulit yang menyebabkan timbulnyakomedo yang berujung munculnya jerawat.

Selain itu merokok jugabisa mengganggu penampilan kulit, seperti kulit keriput dan jugapenuaan dini. Hal ini karena rokok dapat menciptakan radikal bebas,merusak produksi kolagen serta merusak protein kulit pada usia berapapun. Karenanya salah satu cara pencegahan penuaan dini adalah denganberhenti atau menghindari asap rokok.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.