Rabu, 11 Januari 2012

Tips Mudah Atasi Nyeri Telinga Saat Naik Pesawat


img
Saat pesawat baru lepas landas atau hendak mendarat, penumpang seringmerasakan nyeri di telinga akibat terjadinya perubahan tekanan udara.Keluhan ini bisa diredakan dengan banyak cara, antara lain denganselembar tisu dan air panas.

Nyeri di telinga yang dirasakansaat naik pesawat terjadi karena telinga kesulitan beradaptasi denganperubahan tekanan udara di luar. Tekanan tersebut memicu penyumbatanaliran udara dari hidung ke telinga yang melewati tuba eusthacii,sehingga udara terperangkap di rongga telinga dan terasa sakit.

Ahlikesehatan penerbangan dari TNI AU, Dr Wawan Mulyawan, SpBS memberikancara praktis untuk membebaskan udara yang terperangkap di telinga saatnaik pesawat. Cukup dengan menggunakan tisu dan gelas berisi air panas,yang semuanya tersedia di ruang pramugari.

Caranya, selembartisu dimasukkan ke dalam gelas hingga air panas di dalamnya terserapmasuk ke serat-seratnya sehingga tidak tumpah jika sewaktu-waktuterjadi guncangan di kabin pesawat. Dekatkan gelas berisi tisu dan airpanas itu ke dekat telinga, lalu biarkan uap panas mengisi ronggatelinga.

Uap panas ini akan meredakan sumbatan di tubaeusthacia, sehingga udara yang terperangkap di dalam rongga telingabisa dikeluarkan. Rasa nyeri dan berdenging akan berkurang ketika udarayang terjebak telah dikeluarkan dengan bantuan udara panas.

Alternatiflainnya, jika tidak ada tisu dan air panas maka cukup dengan menutuphidung dengan salah satu tangan. Kemudian dengan hati-hati hembuskannapas dari paru-paru dengan mulut tertutup agar tekanannya mendesaktiba eusthacii sehingga sumbatannya terbuka.

Bisa juga dengancara yang paling mudah, yakni dengan melakukan gerakan mengunyah permenatau menelan sesuatu. Cara ini cukup mudah dilakukan, namunkadang-kadang tidak banyak membantu pada orang tertentu yang telinganyasensitif atau sedang mengalami infeksi sinus.

"Rasa nyeri ditelinga saat naik pesawat terjadi akibat perbedaan tekanan, bukankarena suara mesin pesawat yang bising," kata Dr Wawan usai dilantiksebagai doktor ilmu biomedik di Fakultas Kedokteran UniversitasIndonesia.


Sumber : Detikhealth.com


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.