Senin, 26 Maret 2012

Sinusitis: Seputar Penyakit Sinusitis

Apa itu penyakit sinusitis? Penyakit sinusitis adalah penyakit meradang/peradangan pada sekitar rongga sinus. Penyakit sinusitis atau umumnya disebut polip, bisa menyebabkan seperti pilek yang menahun biasanya karena alergi terhadap serbuk sari bunga dan juga debu. Sinusitis bisa terjadi juga karena adanya infeksi virus, bakteri ataupun karena adanya bahan kimia yang masuk ke rongga hidung.

Penyakit Sinusitis illustrasi
Illustrasi Sinusitis
Penyakit Sinusitis bisa dipastikan melalui pemeriksaan oleh dokter. Kita bisa mengenali cri awalnya, baca gejala/tanda sinusitis. Pemeriksaan Sinusitis akan lebih akurat menggunakan MRI dan CT Scan, dengan biaya yang relatif lebih mahal. Secara fisik penyakit sinusitis memperlihatkan adanya pembengkakan pada hidung dan berawarna kemerahan. Pembengkakan juga terjadi di sekitar dahi dan mata, dan keluarnya cairan seperti ingus dan lebih mirip nanah yang keluar dari hidung.

Penyakit sinusitis jarang menyebabkan komplikasi serius. Dan kemungkinan paling berat adalah ketika infeksi yang terjadi pada rongga sinus menyebar ke otak dan membahayakan jiwa. Penyakit sinusitis bila terdeteksi sejak dini akan sembuh seperti sediakala bila mendapat pengobatan yang tepat. Untuk memastikannya, memeriksakan ke dokter adalah jalan terbaik untuk mendeteksi lebih dini tentang penyakit sinusitis ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.