Senin, 09 April 2012

[Koran-Digital] Misteri Karamnya Titanic Terungkap

Misteri Karamnya Titanic Terungkap PDF Print
Tuesday, 10 April 2012
NEW YORK – Seratus tahun sudah RMS Titanic bersemayam di dasar samudera
Atlantik, 15 April nanti. Selama itu pula penyebab utama karamnya kapal
supermegah ini menjadi pertanyaan besar.

Namun, misteri itu pada akhirnya terbongkar. History mengungkap rahasia
tenggelamnya kapal milik perusahaan White Star Line ini lewat Titanic
Mystery Solved yang akan ditayangkan 15 April mendatang di Channel
History. Pengungkapan misteri besar tersebut tentu tak bisa dilepaskan
dari sejarah bagaimana kapal itu dibangun dan mengarungi samudera. Hari
ini,seabad lalu,Titanic meninggalkan Pelabuhan Southampton, Inggris
menuju New York, Amerika Serikat (AS).

Gelak tawa kebahagiaan keluar dari mulut 2.224 penumpang yang mayoritas
kaya raya saat memasuki kapal mewah tersebut. Tak tebersit sedikit pun
di benak mereka akan menjadi bagian dari peristiwa paling dahsyat dalam
sejarah maritim. Lagi pula Titanic menyandang status The Unsinkable
alias mustahil untuk tenggelam. Rasa percaya diri akan kecanggihan kapal
yang dibangun oleh Harland and Wolff di Belfast, Irlandia Utara itu
terlihat jelas juga dari jumlah sekoci yang dibawa pada pelayaran perdana.

Hanya 1.178 sekoci yang disertakan. Jumlah tersebut cuma bisa menampung
sepertiga dari total penumpang dan kru kapal. Selain air lautan Atlantik
yang berada di bawah titik 0 derajat Celcius, keterbatasan jumlah sekoci
serta proses karamnya kapal yang sangat cepat membuat jumlah korban jiwa
sangat banyak,mencapai 1.514 orang. Empat hari setelah meninggalkan
Inggris atau berada sekitar 603.375 km dari Newfoundland, Titanic
menabrak gunung es.

Tubrukan yang terjadi pada pukul 23.40 itu membuat lambung kanan kapal
menganga dan melengkung ke bagian depan. Tak hanya itu, lima dari 16
pintu kedap air juga terbuka. Akibatnya air mengalir deras memasuki
lambung kapal.Sebelum pukul 02.20, 15 April, Titanic yang sudah dipenuhi
air terbelah. Bagian kanan karam ke dasar Samudera Atlantik terlebih
dahulu. Tidak lama kemudian bagian lain turut tenggelam.

Penumpang yang masih berada di dalam kapal langsung tewas akibat
mengalami hypotermia. Tercatat 710 yang berada di sekoci diselamatkan
kapal RMS Carpathia beberapa jam setelah Titanic kandas. Gunung es di
Samudera Atlantik selama ini disebut sebagai penyebab hancurnya
Titanic.Tetapi, bagaimana itu bisa terjadi? Terletak di mana kesalahan
kapten Edward John Smith serta kru kapal sehingga Titanic menghantam
gunung es?

Memperingati seabad peristiwa besar ini,Titanic Mystery Solved yang
terselesaikan berkat kerja sama History dengan Woods Hole Oceanographic
Institute (WHOI) serta RMS Titanic Inc mengungkap proses tenggelamnya
kapal seberat 46.329 ton ini. Berawal dari riset, semua data tentang
Titanic dikumpulkan. Setelah segala detail terkumpul, tim berangkat
menuju lokasi karamnya Titanic,dekat Newfoundland. Berbekal peralatan
canggih, para peneliti meluncur ke kedalaman 3.784 m di mana bangkai
kapal Titanic terbujur.

Setiap jengkal dan sudut Titanic diabadikan dalam kamera dan video.
Penelitian pun akhirnya mengungkap fakta baru dari tekateki tragedi
seabad silam. Selepas mengarungi Samudera Atlantik, tim peneliti
mengawinkan video dengan data yang terkumpul untuk membangkitkan kembali
Titanic. Lewat teknologi virtual holograph, terpampanggambar Titanic
berlayar kemudian terbelah dan karam seusai menabrak gunung es.

Penelitian ini menjawab rasa penasaran publik sejak Titanic pertama
ditemukan pada 1 September 1985 atau 73 tahun setelah tenggelam. "Kini
semuanya menjadi jelas. Kita mengetahui bagaimana Titanic
karam.Pertanyaan besar itu terjawab," ujar Principal Investigator WHOI
William'Bill' Lange."Sebelumnya tidak ada penelitian yang mengungkap
keseluruhan bangkai Titanic.Setelah 100 tahun, setiap inci kapal bisa
diketahui," tambah Lange. Terungkap pada 14 April malam Titanic berlayar
dengan kecepatan 22.5 knot.

Padahal kecepatan maksimumnya hanya 20 knot.Menyadari gunung es
didepannya, First Officer Titanic Letnan William McMaster Murdoch RNR
memerintahkan kru memutar haluan kapal. Instruksi tersebut berujung
malapetaka.Laju Titanic justru semakin cepat dan lambung kanan kapal
menabrak gunung es. Dalam gambar teranyar di bangkai Titanic dampak
tabrakan hanya robek 3,6 meter.

Padahal sebelumnya dilaporkan sepanjang 67-74 meter.Menambah cepat air
masuk adalah pintu kedap air yang berada di lambung kapal bukan yang
semestinya. Pintu tersebut langsung terbuka ketika tabrakan
terjadi.Diketahui juga lambung Titanic tidak dibuat dengan kualitas
terbaik. Ketika membangun Titanic, Harland and Wolff juga tengah
menyelesaikan Olympic dan Britannic. Akibatnya paku sumbat pada lambung
Titanic menggunakan besi yang sama untuk jangkar serta rantai kapal.

Paku sumbat dengan kualitas yang lebih baik akan menjaga Titanic
terapung cukup lama hingga tim penyelamat tiba. Dengan begitu,mungkin
banyak nyawa terselamatkan. Sementara itu, sebuah pelayaran untuk
menapak tilas rute Titanic tertunda angin kencang. MS Balmoral, yang
mengangkut kerabat dari korban meninggal, akan melakukan perjalanan dari
Southampton ke Atlantik Utara. Balmoral dijadwalkan mencapai Cobh di
pantai selatan County Cork kemarin sore waktu setempat.

Namun, dilaporkan BBC, cuaca buruk telah mengubah jadwal itu.Balmoral
membawa 1.309 penumpang, seperti kerabat korban,penulis, sejarawan, dan
orang-orang yang terpesona kisah Titanic. Philip Littlejohn, cucu korban
Alexander James Littlejohn, mengatakan, "Saya yakin kakek saya,ABK RMS
Titanic, akan bangga mengetahui kisahnya dibagi dengan para penumpang
kapal pesiar bersejarah ini,"ucapnya. ● hanna farhana

http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/485090/

--
"One Touch In BOX"

To post : koran-digital@googlegroups.com
Unsubscribe : koran-digital-unsubscribe@@googlegroups.com

"Ketika berhenti berpikir, Anda akan kehilangan kesempatan"-- Publilius Syrus

Catatan : - Gunakan bahasa yang baik dan santun
- Tolong jangan mengiklan yang tidak perlu
- Hindari ONE-LINER
- POTONG EKOR EMAIL
- DILARANG SARA
- Opini Anda menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya dan atau
Moderator Tidak bertanggung Jawab terhadap opini Anda. -~----------~----~----~----~------~----~------~--~------------------------------------------------------------
"Bersikaplah sopan, tulislah dengan diplomatis, meski dalam deklarasi perang sekalipun seseorang harus mempelajari aturan-aturan kesopanan." -- Otto Von Bismarck.
"Lidah orang berakal dibelakang hatinya, sedangkan hati orang dungu di belakang lidahnya" -Ali bin Abi Talib.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.