Kamis, 06 Oktober 2011

Awas! Masturbasi Dengan Jari Berkutil Bisa Picu Kanker Serviks

Kanker serviks dan kutil sama-sama disebabkan oleh infeksi Human Papiloma Virus (HPV). Jika memang penyebabnya sama, mungkinkah kutil pada jari tangan memicu kanker serviks ketika jari tersebut digunakan untuk masturbasi?

Seorang konsultan seksualitas, dr Ryan Thamrin mengatakan bahwa kebiasaan masturbasi yang tidak bersih merupakan salah satu pemicu kanker serviks. Salah satu kebiasaan itu menurutnya adalah melakukan masturbasi dengan tangan yang ada kutilnya.

"Jenis virusnya memang beda-beda, tapi ya untung-untungan saja. Kalau kebetulan sama, bisa saja kan (memicu kanker)?" kata dr Ryan yang juga seorang mantan model dan bintang iklan, dalam konferensi pers Shine with Charm.

Secara teori, jenis HPV yang memicu kanker serviks atau leher rahim memang berbeda dengan HPV yang menyebabkan kutil. Bahkan kutil yang ada di tangan, telapak kaki maupun organ genital masing-masing berasal dari strain atau jenis yang berlainan.

Dari sekitar 100 strain atau jenis HPV penyebab kutil, diperkirakan hanya ada sekitar 30-40 strain yang bisa menginfeksi organ genital. Sebagian besar akan memicu kutil kelamin, sedangkan yang bisa memicu kanker serviks hanya ada sekitar 2-4 strain.

Secara teori, masing-masing strain HPV akan memicu infeksi di bagian tertentu saja sehingga kecil kemungkinannya kutil di jari menular ke organ genital. Bahkan meski sama-sama menginfekti organ genital, HPV penyebab kutil kelamin tidak semuanya memicu kanker.

Meski demikian, kewaspadaan akan sangat besar manfaatnya mengingat kanker serviks merupakan salah satu jenis kanker paling mematikan pada perempuan. Kebersihan organ intim perempuan tetap harus dijaga dengan tidak sembarangan memasukkan jari yang tidak bersih ke dalamnya.


Sumber : Detikhealth.com



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.