Jumat, 20 Januari 2012

Tahukah Anda? 6 Perubahan Seksual yang Dialami Wanita Saat Menopause

img 
Saat atau menjelang menopause, wanita akan mengalami beberapaperubahan dalam tubuhnya yang bisa memengaruhi kehidupan seksual.Rata-rata, wanita akan kehilangan gairah seksual, susah mendapatkanorgasme atau kepercayaan diri akan tubuhnya menurun drastis.

Sepertidikutip dari Womansday, ada enam perubahan seksual yang akan dialamiwanita saat menopause dan tips bagaimana mengatasinya.

1. Memerlukan Lebih Banyak Lubrikan
Saatmemasuki masa menopause, Miss V akan kering dan itu bisa terjadi padahampir semua wanita. Ahli seks dan penulis 'The Complete Idiot's Guideto Amazing Sex' Sari Locker menyarankan, untuk seks yang lebih nyamandan sehat setelah menopause, lubrikasi adalah kuncinya.

"Lubrikan,terutama yang berbahan dasar air bisa membuat hubungan seks lebihnyaman karena Miss V jadi terasa halus dan licin, tanpa rasa lengket,"terang Sari.

2. Percaya Diri Menurun
Berbagaiperubahan yang terjadi menjelang menopause bukan hanya dari fisik, tapijuga mental. Menopause bisa mengubah cara wanita berpikir tentangbentuk tubuh dan seksualitas mereka, sehingga memengaruhi kepercayaandiri.

"Cara mengatasinya, cobalah dari hal-hal kecil, sepertimemutar musik bertema sensual untuk meningkatkan kepercayaan diriseksual Anda," ujar Elizabeth Boskey, PhD, MPH, CHES, pakar seksualdari situs About.com.

3. Risiko Terkena Penyakit Kelamin Menular
"Banyakwanita menopause yang tidak menyadari bahwa mereka masih berisikotertular HIV, hepatitis atau penyakit kelamin menular lainnya. Karenatidak perlu lagi khawatir dengan kehamilan, mereka cenderungmengenyampingkan penggunaan kondom," ujar Elizabeth.

Ancamanpenyakit kelamin menular akan selalu ada baik pada wanita muda maupunparuh baya. Menurut Elizabeth, kebiasaan tidak menggunakan kondom bisameningkatkan penularan HIV pada wanita di atas usia 50.

4. Diperlukan Usaha Lebih Keras untuk Mencapai Orgasme
"Saatmenopause, wanita mungkin perlu berusaha lebih keras hanya untukmendapatkan satu atau dua kali orgasme," ujar Dorree Lynn, PhD,psikolog dan pengajar seks untuk American Association of RetiredPersons di Washington, DC.

Meski begitu, jangan sampai Andamerasa rendah diri. Anda tidak bisa membandingkan kualitas seksual diusia 20 dan 50 tahun. Cintailah setiap aspek dalam diri Anda, dan lihatpengalaman secara lebih luas.

5. Gairah Seksual Tidak Stabil
Gejalamenopause bisa berbeda pada tiap wanita. Beberapa mungkin akanmengalami penurunan gairah seks, sementara lainnya justru meningkat.Untuk tetap mempertahankan gairah seksual, Dr. Dorree menyarankan untukmencoba hal-hal baru, mengganti pola pikir bahwa Anda dan suami masihbisa menumbuhkan keintiman di usia senja.

6. Kebutuhan Lebih Intim dengan Suami Meningkat
MenurutDr. Dorree, setelah menopause, wanita masih menginginkan seks namundengan keintiman yang lebih. Untuk itu, foreplay sangat pentingdibandingkan penetrasi seks itu sendiri. Ciuman di pagi hari, tepukanlembut di bokong, berpegangan tangan dan bisikan manis di telinga akanmembuat wanita merasa bahagia dan disayang.

"Cara ini bisameningkatkan hasrat seksual karena kedua pasangan menyediakan banyakwaktu dan perhatian untuk menikmati pengalaman seksual mereka secaraoptimal," kata Dr. Dorree.



Sumber : Wolipop.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.