Selasa, 10 Januari 2012

Mengapa Katarak yang Sudah Dioperasi Bisa Muncul Lagi?


img
Salah satu cara pengobatan yang efektif untuk mengatasi katarak adalahmelalui proses operasi. Tapi bisakah katarak yang sudah dioperasi inikambuh atau muncul kembali?

"Jika hasil operasinya bagus makakemungkinan katarak itu balik lagi tidak ada," ujar Dr Sanduk Ruitdalam acara media briefing dengan Dr Ruit di Hotel Four Season,Jakarta.

Dr Ruit menuturkan biasanya yanglebih banyak mengalami kekambuhan itu pada orang muda atau anak-anak,karena matanya masih mengalami perubahan-perubahan seperti mengalamipertumbuhan dan perkembangan.

"Sekitar 5-10 persen mengalamipenebalan yang tidak perlu dilakukan operasi, tapi dengan menggunakanmesin Yag akan dibuat 1 lubang untuk menghilangkan penebalan tersebutdan itu bisa membaik," ujar dokter yang mendapat penghargaan HonoraryOfficer in the Order of Australia tahun 2007.

Dr Ruitmengungkapkan ada pula kondisi lain yang mungkin bisa muncul dan itubukan katarak, tapi ada keluhan pada lensa matanya. Kalau pun lensamenjadi keruh, maka kondisi ini bisa diatasi dengan teknik laser yanghanya membutuhkan waktu beberapa detik untuk membersihkannya.

Meski begitu Dr Ruit menjelaskan ada 3 teknik operasi yang bisa dilakukan untuk mengatasi katarak yaitu :

1. Teknik Phcoemulsification
Teknikini menggunakan mesin, yang mana katarak akan dipecah oleh laser laludisedot keluar. Hasil yang didapatkan memang bagus tapi kendalanyabutuh mesin yang mahal serta mikroskop besar.

Untuk negara yangmasyarakatnya jauh-jauh, teknik ini tidak cocok karena mesinnya gampangrusak jika sering dipindah-pindahkan serta lensa yang digunakantergolong mahal.

2. Teknik Small Incision Cataract Surgery
Teknikini disebut juga dengan operasi katarak dengan sayatan kecil tapimemberikan hasil yang seimbang seperti phcoemulsification, serta tidakmemerlukan mesin karena dilakukan secara manual dengan mikroskopportable dan harga lensa yang lebih murah.

Teknik inimenggunakan sayatan kecil pada mata untuk mengeluarkan katarak yangsudah mengeras lalu memasukkan implan lensa yang baru, sehingga pasienbisa melihat kembali.

3. Teknik Operasi Dengan Jahitan
Teknikini tergolong konvensional yang memerlukan jahitan, operasi inimembutuhkan waktu penyembuhan yang cukup lama serta hasil yangdidapatkan biasanya tidak terlalu bagus.


Sumber : Detikhealth.com


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.