Kamis, 05 Januari 2012

Waspada! Mengemudi Saat Flu Berat Bahayanya Sama Seperti Mabuk


img
Mengemudi baik motor atau mobil butuh tingkat konsentrasi yang tinggi.Ternyata orang yang flu berat memiliki kemampuan menyetir yang samaburuknya dengan orang mabuk, sehingga bisa berbahaya.

Sebuahlaporan baru menunjukkan pengemudi yang pilek atau flu berat akanmemiliki tingkat konsentrasi yang buruk saat berada di belakang kemudi.Kondisi ini menempatkan risiko bagi dirinya dan juga pengguna jalanlain.

Diketahui reaksi dari pengemudi yang flu berat akanmenurun tajam dan pengereman mendadak akan menjadi jauh lebih seringkarena pengemudi kurang menyadari kondisi sekitar lalu lintasnya, sertasaat menikung atau belok menjadi tidak menentu. Para ahlimengungkapkan tes ilmiah menunjukkan cara mengemudi yang burukditemukan meningkat ketika musim flu, diperkirakan kemampuan mengemuditurun lebih dari 50 persen saat musim dingin.

"Mengalami fluberat bisa mengganggu suasana hati, konsentrasi dan pengambilankeputusan. Pengujian ini memberikan peringatan tersendiri bagipengendara," ujar Nigel Lacy, pendiri dari Young Marmalade, perusahaanasuransi yang melakuakn studi ini, seperti dikuti dari Telegraph.

Sampaisaat ini memang tidak ada angka resmi untuk kecelakaan yang disebabkanoleh bersin-bersin, pilek dan gejala flu lain. Tapi efek yang munculdari flu bisa memicu terjadinya kecelakaan. Pengemudi lain harusmenyadari orang di sekitarnya, jika melihat ada pengemudi di mobil ataumotor sebelah yang bersin-bersin sebaiknya bersiaplah untuk hal-halyang tidak terduga dan mengambil jarak antar kendaraan.

Hal inikarena saat orang bersin umumnya ia akan menutup mata untuk sementara,jika ia sedang flu berat atau pilek maka bersin yang terjadi biasanyalebih dari sekali sehingga bisa mengganggu kemampuan menyetirnya. Untukitu jika memang sedang mengalami flu berat, sebaiknya tidak keluarrumah atau bepergian. Jika memang benar-benar harus keluar, mintalahorang lain untuk mengemudi.


Sumber :  Detikhealth.com


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.