Kamis, 29 Maret 2012

[Koran-Digital] Unjuk Rasa kian Panas

Di Makassar, demonstran membakar 1.000 FOTO Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

DEMONSTRASI menolak penaikan harga BBM bersubsidi kian panas. Di Salemba, Jakarta Pusat, unjuk rasa berubah menjadi kerusuhan dan polisi melepaskan tembak an untuk menghadapi massa yang beringas.

Kerusuhan pecah tadi malam ketika ratusan mahasiswa Universitas Kristen Indonesia (UKI) dan Universitas Persada Indonesia YAI memblokade Jl Diponegoro. Saat polisi membubarkan paksa, mahasiswa melawan dengan membakar 1 mobil polisi, 1 sepeda motor, dan merusak pos polisi. Aparat tak kalah beringas.
Mereka menghajar pengunjuk rasa yang tertangkap, bahkan ada petugas yang melepaskan tembakan pistol secara mendatar. Belum diketahui jenis peluru yang ditembakkan, apakah peluru tajam, peluru hampa, atau peluru karet.

Saat dihubungi, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Saud Usman Nasution belum bisa memastikan. “Kalau peluru karet, biasanya ditembakkan melalui senjata laras panjang.
Yang jelas kita melarang anggota menggunakan peluru tajam untuk membubarkan massa.'' Menurut Deni, mahasiswa UKI yang menyelamatkan diri ke Kantor LBH, delapan demonstran tertembak peluru tajam. “Mereka sekarat,'' ujarnya. Selain itu, dua orang terluka akibat tembakan peluru karet.

Sebaliknya, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Rikwanto menyatakan hanya ada satu ko r b a n , y a k n i Kapolsek Senen Komisaris Imam Zebua yang mengalami patah tulang rusuk.

Di Palu, Sulawesi Tengah, demonstran merusak tiga pos polisi. Kerusuhan juga terjadi di Makassar, Su lawesi Selatan. Unjuk rasa antipenaikan harga BBM kemarin diwarnai pula dengan blokade jalan di depan Gedung DPR/MPR, Senayan.

Di Bekasi, puluhan mahasiswa Universitas Islam 45 menutup 2 dari 4 lajur Tol JakartaCikampek. Begitu pula di sejumlah titik jalur pantura Jawa di Cirebon, Jawa Barat.

Hari ini, unjuk rasa diperkirakan mencapai puncak bertepatan dengan Rapat Paripurna DPR untuk memutuskan penaikan harga BBM. Saud Usman Nasution meminta semua pihak menahan diri agar demo berlangsung tertib. (Tim/X-16)

http://pmlseaepaper.pressmart.com/mediaindonesia/PUBLICATIONS/MI/MI/2012/03/30/ArticleHtmls/Unjuk-Rasa-kian-Panas-30032012001022.shtml?Mode=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.